Aoi Bungaku

Aoi Bungaku


Sinopsis :
Serial Aoi Bungaku ini terdiri dari 6 adaptasi cerita klasik sastra modern Jepang, dengan judul : Osamu Dazai’s No Longer Human (Ningen Shikkaku) & Run, Melos! (Hashire, Melos!), Natsume Soseki’s Kokoro, Ryunosuke Akutagawa’s Hell Screen (Jigoku Hen) & The Spider's Thread (Kumo no Ito), dan Ango Sakaguchi's In the Forest, Under Cherries in Full Bloom (Sakura no Mori no Mankai no Shita).

No Longer Human (Ningen Shikkaku) - Bercerita tantang seorang siswa sekolah tinggi yang menjadi lepas kendali dan terasing. Sedih dan tanpa tujuan, ia jatuh ke dalam siklus depresi diri yang berat, tekanan berat masyarakat, ego diri, dan obat-obatan yang menemani hidupnya selama bertahun-tahun. Diceritakan dalam tiga bab, masing-masing bab berhubungan dengan sudut pandang yang berbeda dalam hidupnya.

In Forest, Under Cherries in Full Bloom (Sakura no Mori no Mankai no Shita) - Sebuah kisah cinta antara seorang wanita abad ke-12 dan bandit gunung yang menculiknya.

Kokoro - Kisah perjalanan seorang pria muda hidup selama era Meiji (thn 1914). Berkaitan dengan transisi dari seorang Meiji ke era modern Jepang, dengan menjelajahi persahabatan. Di sini terjalin erat egoisme, kepercayaan, dan rasa bersalah karena bertentangan dengan rasa malu mereka berdua.

Run, Melos! (Hashire, Melos!) - Menceritakan tentang seorang penulis drama yang menunggu lama kedatangan sahabatnya. Ia membuat naskah drama yang menceritakan sebuah kisah klasik Yunani dari Damon dan Pythias. Tema yang paling menonjol dari "Run, Melos!" adalah tak tergoyahkan persahabatan mereka. Meskipun menghadapi kesulitan, protagonis Melos melakukan yang terbaik untuk menyelamatkan nyawa temannya, dan pada akhirnya usahanya dihargai.

The Spider's Thread (Kumo no Ito) - Buddha Shakyamuni memberi kesempatan untuk melihat penderitaan seorang kriminal brutal yang berhati dingin di neraka. Tapi kriminal ini tidak pernah melakukan satu tindakan kebaikan pun, kecuali ia tidak membunuh seekor laba-laba. Tergerak oleh tindakan tanpa pamrih ini, Shakyamuni mengambil benang perak dari laba-laba di surga dan menurunkannya ke dalam neraka, memberi kesempatan pada kriminal itu untuk merebut kesempatan dan menarik dirinya keluar - jika ia bisa.

Hell Screen (Jigoku Hen) - Seorang seniman terkenal ditugaskan oleh seorang raja untuk menciptakan serangkaian lukisan yang menggambarkan 'Buddhist Hell'. Tetapi seniman itu tidak dapat melukis gambar yang dia belum lihat sebelumnya, ia tidak bisa membayangkan neraka karena belum pernah melihatnya - Akhirnya hanya ada kegilaan dan kehancuran.

Information MyAnimelist :
Type: TV
Episodes: 12
Status: Finished Airing
Aired: Oct 11, 2009 to Dec 27, 2009
Producers: Madhouse, Nippon Animation
Genres: Drama, Historical, Psychological, Thriller, Seinen
Duration: 22 min. per episode
Rating: R - 17+ (violence & profanity)

Pictures :

No Longer Human Kokoro Run, Melos! The Spider's Thread In Forest, Under Cherries in Full Bloom

Note :

Untuk waktu yang lama genre psikologi didominasi oleh beberapa anime seperti Elfen Lied, Higurashi, Rakasa, Monster and Requiem for a Phantom, dll. Semua anime lover memandang genre psikologi sebagai pola pikir pembunuh, permainan psiko protagonis, dan sebagainya, seperti Death Note yang berfokus pada kemampuan mental dua jenius. Ini telah menjadi ciri khas anime genre psikologi selama bertahun-tahun.

Aoi Bungaku Series menyodorkan kita ke dalam protagonis dan mensinkronkan otak mereka (karakter) dengan kita (sangat kuat). Ini memberi kita wawasan yang spektakuler dan rinci bagaimana masuk dalam pikiran dan perasaan mereka, sambil mengikuti alur cerita yang intens.

Aoi Bungaku adalah anime Seinen (dewasa), walaupun tergolong gore karena menampilkan darah dan seks, tetapi juga mengandung pesan kuat tentang masyarakat, yang sangat layak kita nonton, dengan harapan agar kita dapat saling mengerti dan menghargai.